home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Agar Kegiatan Minum Kopi Lebih Sehat dan Aman

Rabu, 13 Januari 2016 18:12 by fzhchyn | 2477 hits
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Agar Kegiatan Minum Kopi Lebih Sehat dan Aman
Image source: vervecoffee

DREAMERS.ID - Banyak ragamnya dan mudah didapatkan membuat kopi menjadi salah satu minuman paling populer dan banyak dikonsumsi. Tak hanya aromanya yang menenagkan pikiran, menyesap kopi di pagi hari juga banyak dipercaya dapat membuat orang lebih fokus melakukan aktivitas seharian.

Tapi satu hal perlu diketahui adalah kandungan kafein pada kopi. Kafein ini tergolong jenis obat dan bukan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan seperti halnya vitamin dan mineral. Dan seperti obat lainnya, tentu ada aturan cara menggunakannya yang benar dan salah.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar kegiatan minum kopimu menjadi lebih sehat dan aman.

1. Dosis

Memang belum ada ukuran yang pasti untuk dosis kopi yang boleh dikonsumsi orang. Namun kebanyakan penelitian mengungkapkan bahwa minum 300 mg kafein (sekitar 1 sampai 3 cangkir kopi sehari) tidak memberikan efek negatif pada kebanyakan orang sehat.

2. Sinyal bahaya

Kenali sinyal bahaya usai mengkonsumsi kopi sehingga kita tahu kapan harus berhenti minum kopi. Sinyal bahaya itu antara lain gelisah, jantung berdebar, gangguan tidur dan gangguan mood. Seorang peminum kopi yang menghentikan kebiasaan minum kopinya dapat mengalami “caffeine withdrawal” yang ditandai oleh sakit kepala berdenyut, namun gejala ini akan hilang setelah 24-48 jam atau mendapat kafein dosis baru.

3. Dengarkan respon tubuh

Setiap orang memiliki batasan sendiri mengenai konsumsi caffeine. Kebanyakan orang dapat mengkonsumsi 2 cangkir kopi sehari tanpa masalah. Namun ada pula yang mengalami efek buruknya dengan jumlah konsumsi kopi yang sama, seperti tak bisa tidur sepanjang malam, sebaliknya ada yang tertidur pulas setelah minum kopi. Jadi, kamu harus benar-benar mengetahui bagaimana tubuhmu merespon asupan kafein ini.

Baca juga: Tips Aman Minum Kopi Saat Menjalani Puasa

4. Kenali kandungan kafein

Setelah mengetahui dosis dan respon tubuh, ada baiknya kita mengetahui kandungan kafein dalam produk-produk yang sering kita konsumsi. Agar jangan sampai dosis kopi yang dianjurkan sudah tercapai, namun kita masih mengkonsumsi produk-produk lain yang mengandung kafein lainnya sehingga overdosis dan merasakan efek buruk kopi.

Beberapa produk lain yang perlu diperhatikan yang juga mengandung kafein adalah softdrink, permen kopi, teh, coklat, obat sakit kepala.

5. Coffee mix

Lima miligram kalsium hilang untuk setiap 6 ons kopi yang dikonsumsi. Namun kehilangan kalsium ini dapat diatasi dengan menambahkan 2 sendok susu atau membuat espresso latte. Sedangkan campuran kopi dengan alkohol kurang baik terutama pada orang dengan gangguan hati dan campuran kopi dengan cream juga sebaiknya dihindari untuk mengurangi kalori yang berlebih.

Kafein juga berinteraksi dengan beberapa jenis obat. Bagi yang sedang mengkonsumsi obat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

6. Kelompok anti-kopi

Seberapapun cintanya kamu terhadap kopi tapi jika kamu masuk golongan wanita hamil, anak-anak, orang dengan penyakit maag kronis, jantung dan pembuluh darah seperti hipertensi, sebaiknya segera melupakan kopi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)